Wisata Edukasi Salah Satu Layanan Perpusda untuk meningkatkan minat baca

Upaya Perpustakaan Umum Pamekasan bukan hanya menyediakan Koleksi Buku yang berkualitas dan membina potensi masyarakat namun juga terus berupaya meningkatkan minat baca semua lapisan masyarakat di era informasi seperti saat ini. Salah satu perwujudan hal tersebut adalah terlaksananya Kunjungan SDi AL- Ashar Kowel Pamekasan ke Perpustakaan Umum tepatnya pada hari ini tanggal 18 Oktober 2017 yang terdiri dari para siswa serta pengajar sejumlah 30 orang, meraka diajak mengenal Perpustakaan lebih dekat.
Adapun layanan Kunjungan yang diberikan kepada rombongan SDi AL- Ashar Kowel Pamekasan antara lain layanan pengenalan perpustakaan lebih dekat, Pengarahan disampaikan oleh kabid layanan, kabid Pembinaan dan IT serta Pustakawan. selanjutnya mereka dipersilahkan berkeliling ke setiap Ruangan serta menikmati koleksi bacaan dan fasilitas layanan Perpustakaan yang tersedia. “Semula kami para pengajar SD mengajak berkunjung kesini semata – mata untuk mengenalkan Perpustakaan pada siswa-siswi agar minat baca mereka dapat terbina dengan baik, namun diluar dugaan ternyata para siswa kami sudah banyak yang berulang kali ke Perpustakaan Umum bersama orang tuanya”, ujar salah satu Guru saat asyik membaca koleksi ruang baca anak,
Pada kenyataannya yang seringkali dilupakan semua pihak terutama para orang tua, bahwa sebaik – baik sebuah sekolah maupun secerdas apapun metode untuk bimbingan anak pada akhirnya semboyan melegenda Ki Hajar Dewantara yaitu “Ing Ngarsa Sung Tuladha” (didepan memberi contoh). Yang berarti Orang tua adalah ujung tombak Suri tauladan yang baik baik bagi anak.
Oleh Karena itu kembali lagi ke orang tua sebagai pembimbing utama belajar sepanjang masa oleh anak. Terjawab sudah bahwa cikal bakal tingginya minat baca anak dari SDi AL- Ashar Kowel Pamekasan adalah suksesi positif dari para orang tua yang terlebih dahulu memberi contoh dan memberi stimulus sehingga landasan positif tersebut terbina dengan mudahnya oleh pengajar dan difasilitasi secara efektif dan tepat oleh Perpustakaan Umum. Kedepannya semoga semua pihak dapat mengambil cerminan teladan semacam ini agar peningkatan minat baca bukan hanya peran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan saja namun merupakan sinergisitas peran semua lapisan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *