Wabup Khalil Asy’ari; 80 Perpusdes di Pamekasan, Hanya 18 Perpus Yang Benar-benar Aktif

PAMEKASAN, Limadetik.com Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy’ari mengatakan, di Kabupaten ber icon pendidikan ini terdapat 80-an perpustakaan desa yang tersebar di 13 kecamatan dari jumlah total 189 desa yang ada.

Sayangnya, dari 80-an perpusdes itu, hanya sekitar 18 desa yang benar-benar aktif.

Ada 80 sekian desa yang memiliki perpustakaan, tetapi yang benar-benar masih aktif itu ada sekitar 18-an kalau tidak salah, ucapnya kepada awak media usai dirinya mengikuti sidang Paripurna jawaban bupati atas pandangan fraksi-fraksi, Selasa (26/9/2017) siang.

Dijelaskan, sisanya 62 desa yang sudah ada perpusnya harus dapat perhatian serius agar warga dan para pemudanya bisa gemar membaca.

Ada banyak faktor, SDM dan masyarakat perlu ada rangsangan dari perangkat desa agar gemar membaca, katanya menyarankan.

Disamping itu, menurut politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, masyarakat desa tentu memiliki kesibukan dan aktifitas yang padat, sehingga kesempatan waktu untuk membaca tidak ada. Perlu ada dorongan dan disemangati pentingnya dan mamfaat membaca itu, katanya menambahkan.

Selama ini, upaya pemerintah daerah melalui aparatur desa dan pemuda disana, telah dilakukan pembinaan dan bimbingan bimbingan. Namun, masih kurang maksimal dalam mengelola perpustakaan desa tersebut.

Harapannya, dari semua pihak, bagaimana perpustakaan ini berfungsi, dan masyarakat benar-benar menjadi masyarakat yang gemar membaca, setidaknya ada kelompok-kelompok kecil di perpustakaan itu aktif berdiskusi sehingga ada gairah warga datang untuk sekedar menyimak, pada akhirnya ikut tertarik membaca di Perpus itu, tandasnya. (arif/rud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *