(0324) 3515799 – 325058 ::::: WhatsApp : 0878-5995-5556 ::::: Alamat : Jl. Jokotole No. 55 Pamekasan pmk.perpusda@gmail.com

Tingkatkan Minat Baca, Disperpusip Pamekasan Gelar Pameran Buku Selama Dua Pekan

Aktifitas Lainnya...

Upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan menumbuhkan budaya literasi terus dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pamekasan. Salah satunya dengan menggelar Pameran buku selama 2 pekan, mulai 19 November – 3 Desember 2018 di Halaman Parkir Perpustakaan Umum Pamekasan.

“Pameran buku digelar selama 14 Hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Para pengunjung yang datang tidak dipungut biaya masuk alias gratis,” kata Kabid Pembinaan dan Pengembangan IT Danafia.

Pemeran buku ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 2010 hingga tahun ini. Pada kegiatan pameran buku juga diisi beberapa acara pendukung. Antara lain, pentas seni, dan berbagai macam lomba (Lomba Dai Cilik, Hafidz, Lomba Mewarnai, Menggambar, Menulis Essay dan Membaca Puisi Bahasa Madura)

Menurut Danafia, pameran tersebut bertujuan untuk meningkatkan Budaya Baca dan minat Berkunjung Masyarakat ke Perpustakaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat lewat literasi. Pameran buku sangat diperlukan untuk mengubah pola pikir masyarakat dan menumbuhkan minat baca bagi siswa, pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum.

“Ada istilah, orang yang pintar adalah yang dekat dengan buku. Artinya mereka yang senang membaca buku maka mendukung untuk menjadi pintar,” ujarnya

Menurutnya, budaya membaca dikalangan masyarakat pamekasan, sejauh ini menunjukkan peningkatan yang signifikan hal tersebut diukur dengan naiknya grafik kunjungan dan peminjaman buku masyarakat ke Perpustakaan Umum Pamekasan. Tetapi untuk menjaga hal tersebut perlu inovasi dan dorongan banyak pihak agar minat baca masyarakat lebih maju. Selain itu perlu pula pemahaman yang lebih pada masyarakat tentang pentingnya membaca. Ayo Ke Perpustaan Untuk Hidup Lebih Baik.