(0324) 3515799 – 325058 ::::: WhatsApp : 0878-5995-5556 ::::: Alamat : Jl. Jokotole No. 55 Pamekasan pmk.perpusda@gmail.com

Peserta Pelatihan Pengembangan Perpustakaan dibekali Aplikasi Otomasi Perpustakaan

Kegiatan Lainnya...

Salah satu yang menjadi kunci layanan prima dalam sebuah perpustakaan adalah bagaimana pelayanan dilakukan secara efektif dan efisien oleh Pengelola Perpustakaan/pustakawan. Untuk mencapai hal tersebut, maka dilakukanlah sistem automasi perpustakaan. Sistem ini menerapkan teknologi informasi pada pekerjaan administratif di perpustakaan. Bidang pekerjaan yang dapat diintegrasikan dengan sistem informasi perpustakaan adalah pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, sirkulasi bahan pustaka, pengelolaan anggota, statistik dan lain sebagainya.

Pada hari ketiga pelatihan ini, Rabu, 05 November 2018, peserta mendapatkan materi pengenalan tentang automasi perpustakaan dan dilanjutkan dengan mempraktikkan langsung menggunakan aplikasi, mencetak label untuk punggung buku, dan hal teknis lainnya . Begitu antusiasnya para peserta mengikuti pelatihan yang dibawakan oleh pustakawan Kusairi, SIP tersebut. Harapannya semoga peserta mampu menerapkan aplikasi tersebut di perpustakaan lembaganya masing-masing sehingga semakin banyak perpustakaan sekolah, pondok pesantren dan desa yang bisa melakukan automasi dengan baik sehingga pelayanan menjadi lebih baik.