Press "Enter" to skip to content

Pelatihan Web Design di Perpustakaan Umum Pamekasan, Langkah Awal Menuju Sukses

admin Perpustakaan 0

Pada tanggal 23 – 24 September 2018, Perpustakaan telah mengadakan pelatihan Web Design (membuat desain website) bagi Masyarakat Umum. Alhamdulillah banyak masyarakat terutama kaula muda yang antusias dengan Kegiatan ini. lebih dari 100 orang yang telah melakukan pendaftaran dari berbagai daerah Madura baik dari Pamekasan maupun dari luar Pamekasan, namun karena keterbatasan waktu dan tempat, sehingga dibatasi 45 orang Peserta yang berhak mengikutinya. ┬áPelatihan membuat website kali ini menggunakan Content Management System (CMS) atau Sistem Manajemen Konten (SMK) yang paling populer saat ini, yaitu WordPress. CMS ini paling populer dan banyak digunakan oleh para webmaster untuk membuat website dalam waktu singkat. Adapun pematerinya kami mengajak teman-teman mahasiswa Teknik Informatika dari Universitas Islam Madura untuk memberikan sharing ilmu terkait Web Desaign yang mereka kuasai.

Materi Pelatihan membahas tentang dasar-dasar CMS WordPress, berbagai module dan component wordpress, bagaimana merubah template dengan html dan css, bagaimana merubah template dengan mudah dan cepat, sertai yang paling penting adalah materi pada hari kedua yaitu bagaimana Upload website dengan FTP dan cpanel, Trik bagaimana mempromosikan website di internet(SEO) dan Memilih web Hosting

Dengan metode praktek langsung yang diterapkan pada waktu pelatihan membuat para peserta lebih mudah untuk memahaminya, meskipun ada juga beberapa orang yang ketinggalan materi yang disampaikan, Perpustakaan Umum Pamekasan sebagai mediator pelatihan telah memfasilitasi peserta dengan membuatkan sebuah group whatsapp dan membentuk Komunitas Web Design untuk menampung aspirasi, ide, dan Berbagai Tips dan Trik tentang web design dengan tujuan mereka tetap bersama-sama belajar dan sharing ilmu secara berkelanjutan serta mereka dapat membuka kelas web desaign di Perpustakaan dengan menggunakan fasilitas-fasilitas perpustakaan secara gratis, dengan harapan dari kelas tersebut melahirkan para web designer yang handal dan terampil sehingga dengan kemampuannya tersebut dapat menambah penghasilan mereka dan meningkatkan kesejahteraan hidupnya secara mandiri.

Mereka juga diharapkan dapat menularkan ilmunya dengan menjadi trainer di kelas web design Perpustakaan kepada masyarakat luas khususnya masyarakat pamekasan (Anggota dan Pengunjung Perpustakaan) secara ikhlas tanpa memungut biaya (Gratis). Ayo Ke Perpustakaan Untuk Hidup Lebih Baik.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *