(0324) 3515799 – 325058 ::::: WhatsApp : 0878-5995-5556 ::::: Alamat : Jl. Jokotole No. 55 Pamekasan pmk.perpusda@gmail.com

PAMEKASAN –Pada Bulan Juli tepatnya pada tanggal 8-10 Juli 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan, mengadakan pelatihan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berbasis IT bagi Perpustakaan Kelurahan/Desa dan TBM binaan. dilanjutkan

Pelatihan yang dipusatkan di Aula Lantai 2 dan Gazebo Perpusda Pamekasan ini diikuti oleh 40 orang peserta terdiri dari pengelola perpustakaan Kelurahan/desa.

Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kabupaten Pamekasan Budi Ashari melalui Kabid. Pembinaan, Pengembangan TI Danafia mengatakan “pelatihan TIK ini bertujuan untuk membentuk kapasitas staf (Capacity Building) pengelola perpusdes agar bisa mengelola dan mengembangkan perpustakaannya sesuai dengan kebutuhan dan potensi masyarakat yang ada di desa masing-masing yang pada akhirnya bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat. Dengan demikian perpustakaan desa nantinya akan ramai dan menjadi pusat kegiatan masyarakat, jelasnya”

Dalam pelatihan ini para pengelola perpustakaan desa tersebut mendapatkan materi tentang Komputer Dasar, Internet dasar dan Aplikasi Otomasi Perpustakaan untuk menunjang pelayanan Administrasi Pengelolaan Bahan Pustaka, komputer dan internet di perpustakaan desa/Kelurahan seta bisa disalurkan kepada masyarakat.

Melalui kegiatan ini Danafia mengharapkan perpusdes akan lebih proaktif dalam pemberdayaan masyarakat sehingga nantinya desa itu bisa lebih berkembang dan maju. “kegiatan ini bertujuan menjadikan perpustakaan desa/kelurahan dan TBM sebagai pusat kegiatan dan belajar masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Kedepan kita akan tetap melanjutkan program ini agar semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari perpustakaan”, Imbuhnya.