(0324) 3515799 – 325058 ::::: WhatsApp : 0878-5995-5556 ::::: Alamat : Jl. Jokotole No. 55 Pamekasan pmk.perpusda@gmail.com

Pelatihan Pengembangan Perpustakaan Berbasis TIK dan Otomasi bagi Pengelola Perpustakaan Desa, TBM, Sekolah dan Pondok Pesantren

Kegiatan Lainnya...

Penerapan kemajuan teknologi informasi mulai memasuki dunia perpustakaan. Layanan dan pengolahan mulai dilakukan dengan memanfaatkan produk-produk teknologi informasi. Pengelolaan perpustakaan semakin dipermudah dan pengguna perpustakaan semakin dimanja dengan peningkatan kualitas layanan perpustakaan. Dan ke depan pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan menjadi suatu kebutuhan yang pada muaranya akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Salah satu contoh riil penerapan produk teknologi informasi di perpustakaan adalah dengan penerapan automasi perpustakaan. Melalui automasi perpustakaan maka proses peminjaman dan pengembalian koleksi tidak membutuhkan waktu lama karena layanan sirkulasi telah terautomasi. Pengguna tidak perlu membolak-balik kartu katalog yang berdebu untuk menelusur informasi mengenai koleksi yang dibutuhkan. Cukup dengan mengakses opac (online public access catalog) pemustaka dapat menemukan koleksi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat. Pengolahan koleksi yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan juga semakin cepat sehingga koleksi semakin lebih cepat dilayankan kepada pengguna perpustakaan.

Untuk menjawab hal tersebut diatas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pengembangan Perpustakaan Berbasis TIK dan Otomasi bagi Pengelola Perpustakaan Desa, TBM, Sekolah dan Pondok Pesantren selama 4 Hari  yang dimulai dari hari ini , 3 Desember 2018 sampai dengan 7 Desember 2018. Materi Otomasi Perpustakaan dilatih oleh Pustakawan Perpusda Kusairi, SIP sedangkan Materi Pengembangan Perpustakaan dilatih oleh Fasilitator Perpusda Zahid dan Amirul Mukminin yang sudah berpengalaman menjadi pemateri Nasional.