(0324) 3515799 – 325058 ::::: WhatsApp : 0878-5995-5556 ::::: Alamat : Jl. Jokotole No. 55 Pamekasan pmk.perpusda@gmail.com

Kenalkan Arsip sejak Usia Dini, Disperpusip Pamekasan Membuka Layanan Arsip Ceria

Berita Lainnya

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan baru-baru ini telah melakukan inovasi baru untuk melengkapi berbagai layanan yang sudah diberikan selama ini. Inovasi itu berupa layanan wisata arsip yang diberi nama Arsip Ceria.
Kadis perpusip Budi Ashari Mengatakan, Layanan wisata ini akan lebih menonjolkan sisi edukasi Kepada anak-anak sejak dini terkait arsip pamekasan.
“Inovasi ini sebenarnya sederhana saja yaitu memberikan gambaran ke anak-anak usia dini tentang Pamekasan masa lampau dan sekarang mulai dari pengenalan Pemimpinnya, Gedung-gedung, dan tempat-tempat bersejarah di Pamekasan.
Karena itu, sasaran dari program Arsip Ceria tersebut adalah siswa Paud/TK sampai Tingkat SD, kedepan akan secara kontinue terjadwal sesuai dengan Permohonan kunjungan.
Arsip identik dengan dokumen berdebu yang bisa mengakibatkan bersin-bersin. Namun, berkat perawatan yang kontinue, arsip bisa menjadi wisata. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pamekasan sudah berusaha menonjolkan sisi mengasyikkan dari arsip. Arsip-arsip, termasuk foto-foto bersejarah, ditata dengan apik di lobi dan kamar penyimpanan arsip. Bahkan, disediakan Armada roda empat untuk menjemput Pengunjung Arsip Ceria.
Anak-anak Paud/TK pun gembira ketika diajak menelusuri foto-fot arsip. Kunjungan Pertama kali dihadiri oleh Rombongan anak-anak TK Pertiwi Pademawu beserta gurunya pada Rabu kemarin (22/1/20) berceloteh ketika melihat-lihat foto bersejarah.