(0324) 3515799 – 325058 ::::: WhatsApp : 0878-5995-5556 ::::: Alamat : Jl. Jokotole No. 55 Pamekasan pmk.perpusda@gmail.com

Gelaran Lomba DPK Tingkatkan Minat Pengunjung

Kegiatan Lainnya...

Kabarmadura.id-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Pamekasan, terus berinovasi guna menggugah minat masyarakat untuk datang berkunjung dan membaca di perpustakaan daerah. Salah satu inovasi DPK untuk mengajak masyarakat berkunjung ke perpustakaan adalah dengan menggelar sejumlah lomba.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan TI di DKP Pamekasan Danafia mengungkapkan, minat baca masyarakat di Pamekasan masih harus dipupuk agar bisa ditingkatkan. Upaya untuk meningkatkan baca itu, diakuinya mesti dilakukan dengan berbagai inovasi.

Salah satunya dengan menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung di perpusatakaan. Sebab diyakininya, dengan seringnya masyarakat berkunjung ke perpustakaan, maka minat baca masyarakat terhadap buku-buku akan tergugah dengan sendirinya.

Oleh sebab itu, DPK menggelar sejumlah kegiatan berupa lomba-lomba yang melibatkan secara langsung masyarakat di Pamekasan. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di segala bidang melalui lomba-lomba yang dipusatkan di perpustakaan.

“Karena kita ketahui bahwa perpustakaan merupakan sumber penyedia ilmu pengetahuan dari segala tingkatan di segala bidang,” katanya, Senin (26/11).

Diungkapkan Danafia, seluruh kegiatan yang diperlombakan, secara keseluruhan bersentuhan langsung dengan literasi. Salah satunya, lomba baca puisi Madura, lomba hafidz Al-Qur’an, lomba menulis esai tentang perpustakaan. Serta, menggambar dan mewarnai.

Dalam kegiatan yang digelar sejak tanggal 19-25 November itu, sedikitnya ada 228 peserta dari seluruh tingkatan yang ikut berpartisipasi dalam lomba yang dipusatkan di perpustakaan daerah Pamekasan tersebut.

“Harapan utamanya adalah meningkatnya budaya baca masyarakat dan minat berkunjung ke perpustakaan. Nantinya bermuara pada pningkatan kualitas hidup masyarakat Pamekasan,” pungkasnya. (pin/nam)