Press "Enter" to skip to content

Budaya Berkunjung ke Perpustakaan Sejak Dini, Beradaptasi Dengan Perkembangan Zaman

admin Perpustakaan 0

Perkembangan pendidikan saat ini menuntut para guru untuk berpacu meningkatkan potensi akademik dan non akademik siswanya. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah. Hari ini tanggal 14 Februari 2018, Perpusda Pamekasan menerima kunjungan wisata edukasi dari TK AL-IBROH sebanyak 65 Siswa dan 9 Guru Pendamping (Ustadzah).

Rombongan diterima langsung oleh Kabid. Layanan Drs. Makhfudz dan ditemani oleh Kasi Layanan Ibu Mega serta Staf Layanan Anak ibu Muginah.
Para peserta Wisata Edukasi diberikan Pemahanan tentang Perpustakaan serta layanannya, komunikasi petugas dengan para guru pendamping terkait bidang Perpustakaan dan selanjutnya Anak-anak dapat menikmati fasilitas maupun koleksi yang tersedia di Ruang Anak. Antusiasme muncul dari sekolah tersebut, hal itu tampak dari keinginannya agar di lain hari segera dapat berkunjung lagi ke Perpusda, bahkan orang tua yang ikut mendampingi putra putrinya juga sangat termotivasi untuk segera membuat kartu anggota agar dapat meminjam buku.

“saya ingin jadi polisi….!!! saya ingin jadi tentara…!!!.. saya Guru..!!!..Kalau saya Dokter…!!!!, celetuk anak-anak ketika ditanya oleh Kabid Layanan kepada meraka, Saat ditanya adakah yang ingin jadi PUSTAKAWAN??? Semuanya serempak terdiam.!!!!, sebuah kata yang asing bagi meraka, sehingga Pak makhfudz dengan spontan segera menjelaskan kepada anak-anak arti dari Pustakawan tersebut”

“Komunikasi antara guru dan para orang tua siswa selalu kami optimalkan, khususnya dalam rangka mendukung minat baca anak – anak. Kekhawatiran sempat terlintas saat ingin mengajak para siswa berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah, takut para orang tua kurang merespon atau bosan namun justru kebalikannya. Para orang tua justru sama antusiasnya dengan anak – anaknya untuk berkunjung ke Perpusda. Kami juga ingin bermitra dengan Perpusda karena tingginya minat baca anak anak sangat tepat jika difasilitasi dengan bahan baca yang tepat pula sekaligus menarik layaknya yang tersedia disini”, jelas Ibu Rani salah satu Guru Pendamping TK AL-IBROH PAMEKASAN.

Banyaknya rombongan kunjungan PAUD, TK, SD dan pelajar lainnya ke Perpustakaan Daeah sangat bernilai positif. Hal ini mengungkapkan bahwa budaya berkunjung ke Perpustakaan sejak dini perlu ditingkatkan. Bukan hanya untuk menunjang segi pendidikan anak namun juga mendukung tumbuh kembang potensi dan produktivitasnya di masa yang akan datang. Pendidikan dengan akdemik yang baik memang penting namun untuk lebih beradaptasi dengan perkembangan zaman juga dibutuhkan skill yang matang.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *